Senin, 05 Januari 2015

Tulisan Pengantar Bisnis 8 "Usaha Keripik Sayur & Jamur"


USAHA KERIPIK SAYUR & JAMUR


BAB I
PENDAHULUAN
Bisnis cemilan memang tak pernah sepi permintaannya. Kehidupanan masyarakat cukup lekat dengan kebiasaan ngemil, ternyata menjadi salah satu factor keberhasilan bisnis cemilan di Indonesia. Terbukti, kriuk-kriuk peluang bisnis cemilan kini bisa mendatangkan untung besar setiap bulannya.
Dari sekian banyak cemilan yang beredar banyak di pasar, keripik sayur dan keripik jamur merupakan beberapa dari sekian banyak jenis makanan ringan yang belakangan ini banyak digemari para konsumen. Rasanya yang gurih, renyah dan menyehatkan karena terbuat dari sayuran dan jamur serta menggunakan bumbu non MSG. produk ini tidak hanya diterima pasar dengan baik, namun juga mendatangkan banyak keuntungan bagi para pelakunya.
Hampir setiap orang menyukai aneka cemilan, termsuk juga cemilan keripik sayur dan keripik jamur. Bahkan tidak hanya menjadi teman santai saja, cemilan keripik sekarang mulai dijadikan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh yang banyak dicari para wisatawan. Keripik sayur dan keripik jamur ini dapat menjadi pilihan usaha bagi anda yang ingin memulai membuka usaha mengingat tingginya minat konsumen pada produk tersebut. Pada tulisan ini akan dibahas menganai usaha keripik sayur dan jamur.

BAB II
ISI

Keripik merupakan salah satu jenis makanan ringan yang paling banyak digemari oleh semua orang. Sebagai cemilan, keripik dikenal memiliki rasa yang gurih, renyah, dan enak dinikmati dalam berbagai suasana. Saat ini mulai banyak bermunculan inovasi-inovasi keripik berbahan sayuran dan jamur yang tentunya memiliki kandungan gizi tinggi, sehingga bisa menjadi alternative makanan ringan yang menyehatkan.
Bayam, seledri, kemangi, kenikir, dan daun singkong merupakan sayur-sayuran mulai dikreasikan menjadi aneka jenis keripik sehat. Juga keripik jamur tiram, jamur kancing, dan jamur kuping yang memiliki cita rasa gurih dengan kandungan gizi yang cukup tinggi, menjadikan keripik ini tidak kalah bersaing dengan produk cemilan lainnya di pasar. Cita rasanyapun tidak kalah dengan keripik-keripik dengan bahan baku lainnya yang sudah umum di masyarakat. Jadi tidak heran bila keuntungan yang dijanjikan dari peluang bisnis cemilan keripik ini cukup menggiurkan.
Melimpahnya bahan baku sayuran dan jamur di pasaran, menjadikan proses pembuatan keripik tersebut terbilang cukup mudah dan modal usaha yang dibutuhkan para pelaku usaha juga tidak terlalu besar. Proses produksi yang dibutuhkan para produsen terbilang cukup singkat sehingga kapasitas produksinya bisa lebih besar setiap harinya.
Selain itu, kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya banyak dicari para konsumen. Sehingga tidak menutup kemungkinan bila setiap bulannya bisa mendatangkan untung besar dengan berjualan keripik sayur dan keripik jamur.
Berikut ini adalah cara membuat keripik sayur :

Bahan :
·         Sayuran segar seperti bayam, kenikir, kemangi, seledri, daun singkong dan daun ubi
·         200 gram tepung beras
·         3 sendok makan tepung kanji
·         8 butir kemiri, haluskan
·         3 siung bawang putih, haluskan
·         Garam secukupnya
·         3 sendok makan ebi, haluskan
·         250 ml air (jika kurang encer bisa ditambahkan air secukupnya)
·         Minyak goreng secukupnya
Cara membuat :
1)      Campur tepung beras, tepung kanji, kemiri, bawang putih, garam dan ebi halus. Lalu tuang air sedikit demi sedikit. Aduk hingga tercampur rata.
2)      Celupkan sayuran kedalam adonan tepung hingga permukaannya rata.
3)       Goreng sayuran dalam minyak panas sampai matang dan kering, tiriskan.
Cara membuat keripik jamur, yaitu :

Bahan-bahan :
  • jamur tiram, kancing, kuping sebanyak 250gr , bersihkan, cuci lalu suwir-suwir menurut selera
  • tepung beras, 50gr 
  • tepung terigu, 250gr 
  • tepung maizena, 50gr 
  • 2 buah telur, dikocok lepas
  • Sertengah sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 3 biji bawang bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat :
  1. Pertama-tama, tepung beras, tepung terigu serta tepung maizena dicampurkan kemudian setelah itu di aduk-aduk hingga rata.
  2. Siapkan telur dan kocok lepas. Tambahkan bawang putih, garam, dan kaldu bubuk. Lalu aduk-aduk sampai rata.
  3. Jamur dimasukan dengan cara dicelup kedalam adonan telur lalu gulingkan pada tepung. Ulangi sekali lagi sampai semuanya habis.
  4. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng jamur yang sudah diguling-gulingkan dengan tepung tadi. Goreng sampai matang hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Keripik ini juga dapat di inovasikan dengan berbagai sajian rasa yaitu rasa balado, rasa ayam bakar, rasa barbeque, rasa jagung bakar, jagung manis, rasa mercon, rasa pedas, dan sapi panggang.
Bagi yang belum bisa memproduksi sendiri aneka macam kreasi keripik sayur dan keripik jamur, anda bisa menjadi reseller yang keuntungan bisnisnya tidak kalah menjanjikan.
1)      Cari info mengenai produsen keripik
Sebelum menjadi reseller produk, anda harus mencari tahu keberadaan produsen keripik. Jalin kerjasama dengan mereka untuk mendapatkan produk berkualitas setiap bulannya.
2)      Perhatikan kemasan produk
Ketatnya persaingan pasar, tentunya menuntut anda untuk terus berkreasi dan berinovasi menciptakan nilai lebih bagi produk anda. Salah satunya dengan melengkapi produk anda dengan kemasan yang menarik.
3)      Perluas jaringan bisnis untuk memasarkan produk keripik
Selain membidik konsumen rumah tangga. Anda juga harus menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis toko oleh-oleh, supermarket, maupun toko cemilan yang ada di sekitar lokasi usaha.
Kekurangan dari bisnis ini ada masa kadaluarsanya yang terbatas, anda harus menyesuaikan stok persediaan barang dengan jumlah permintaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda bisa melakukan pemesanan kepada produsen keripik ketika sudah menerima pembayaran dari para konsumen. Selebihnya bisa disediakan sampel secukupnya untuk mengantisipasi konsumen yang ingin melihat contoh produk keriik yang dipasarkan.
Untuk mendongkrak penjualan produk keripik, keripik dapat dipasarkan dengan jangkauan yang lebih luas dengan memanfaatkan peran media online untuk meningkatkan omset penjualan. Misalnya menggunakan media social seperti facebook, twitter, forum jual beli online, direktori produk (baik yang gratisan maupun berbayar), serta internet marketing yang bisa memperluas jangkauan pasar.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas mengenai usaha keripik sayur & jamur. Maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
·         Keripik sayur dan jamur dapat menjadi pilihan untuk membuka usaha.
·         Kerepik merupakan cemilan khas Indonesia yang digemari konsumen.
·         Keripik berbahan sayur & jamur memiliki gizi yang tinggi serta banyak nutrisi lainnya yang manfaat bagi tubuh.
·         Keripik sayur & jamur terbuat dari bahan yang berkualitas & alami karena tidak mengandung MSG.
·         Untuk lebih menarik konsumen, keripik sayur dan jamur bisa diinovasikan dengan berbagai rasa seperti balado, ayam bakar, barbeque, jagung bakar, jagung manis, pedas, dan sapi panggang.
·         Cara pemasaran dapat di lakukan dengan menjalin kerjasama dengan supermarket, toko oleh-oleh, toko cemilan, mengikuti pameran, dan melalui media social seperti facebook, twitter, forum jual beli online, direktori produk, internet marketing.

Saran
Dalam menjalankan usaha bisnis keripik sayur & jamur anda harus memilih bahan-bahan yang berkualitas seperti sayur-sayuran yang segar, jamur yang berkualitas baik. Anda harus memperhatikan tanggal kadaluarsa. Jangan pernah takut untuk berinovasi dan mencoba hal yang baru agar produk anda tetap diminati konsumen serta konsumen tidak mudah bosan dengan produk yang dihasilkan.

DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2009. Keripik. From http://id.wikipedia.org, 4 Januari 2015
Kban, jabat. 2013. “Mendulang Renyahnya Bisnis Keripik”. Bisnis UKM VIII.
Hasan. 2013. Resep Keripik Sawi Hijau yang Gurih dan Mudah. From http://kuliner.bacainfo.com, 4 Januari 2015.
Anonim. 2013. Cara Membuat Jamur Crispy yang Gurih. From http://duniakulinernusantara.blogspot.com, 4 Januari 2015

1 komentar: