Minggu, 04 Januari 2015

Tulisan Pengantar Bisnis 2 " Bakso Vegetarian"

BAKSO VEGETARIAN

BAB I
PENDAHULUAN
Bakso adalah makanan khas Indonesia sekaligus sebagai makanan favorit masyarakat Indonesia.  Banyak masyarakat mulai dari kalangan menengah atas hingga menengah bawah menggandrungin makan khas yang umumnya terbuat dari daging dan berbentuk bulat ini.  Bakso sangat populer sekali, bahkan dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan, gerobak dorong, hingga mall mall besar. Bakso memang makanan yang sangat lezat bagi penikmatnya, tetapi disisi lain ada dampak-dampak negatif yang terkandung didalam makanan tersebut. Banyak dari pedagang pedagang yang melakukan tindak kecurangan mengganti daging yang seharusnya masih segar dengan daging busuk atau daging tikus untuk memperoleh untung yang lebih. Dalam proses pembuatanya, ada bakso yang dicampur dengan boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging serta lebih awet. Hal ini membuat bakso pernah dianggap makanan yang kurang aman oleh BPOM. BPOM mengingatkan bahwa mengonsumsi makanan berkadar boraks tinggi selama kurun 5–10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati. Maka bakso yang dijual di berbagai pasar tradisional dan pasar swalayan diwajibkan bebas boraks. Karena bakso terbuat dari daging, maka sebaiknya bakso disimpan dalam kondisi beku sebelum direbus untuk dikonsumsi. Karena alasan itulah di supermarket bakso dijual dalam kondisi beku untuk menjaga temperatur agar bakso dapat terjaga kualitasnya dan tidak tercemar bakteri. Konsumen perlu berhati-hati dalam memilih bakso yang dijual oleh pedagang bakso keliling. Bakso yang dijual tetapi dipajang di etalase pada temperatur ruang rawan tercemar bakteri, misalnya bakteri penyebab diare atau salmonela penyebab tifus. Pilihlah bakso yang tengah direbus. Lebih lanjut, dengan mengkonsumsi daging yang berlebihan akan menyebabkan kegemukan atau kolesterol karena memiliki kadar lemak dan kolesterol yang tinggi..
Pola hidup vegetarian yang dulunya hanya dianut oleh masyarakat yang beragama tertentu, sekarang ini dengan semakin tingginya kesadaran untuk menjalankan pola hidup sehat semakin banyak masyarakat yang menganut pola hidup vegetarian. Sementara rumah makan yang menyediakan menu vegetarian sangat terbatas dan harganya sulit dijangkau.
Untuk itu, diciptakanlah bakso vegetarian yang terbuat dari  sayur-sayuran seperti, wortel, bayam, daun bawang. Dari segi kesehatan dan gizi bakso vegetarian ini sangat baik untuk tubuh terutama bagi penikmat yang merupakan vegetarian & tidak suka makan daging. Dari segi tampilan bakso vegetarian tidak kalah menarik dari bakso daging, biasanya bakso yang terbuat dari daging berwarna coklat. Akan tetapi disini bakso vegetarian berwarna macam-macam mulai dari merah, hijau. Warna yang didapat berasal dari zat-zat yang terkandung dari sayuran. Misalnya warna merah berasal dari wortel, warna hijau berasal dari bayam. Pada tulisan ini akan dibahas salah satu  makanan vegetarian yang menyehatkan yaitu bakso vegetarian.

BAB II
PEMBAHASAN
Bakso adalah bola daging. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi dan tepung, tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam atau ikan. Bakso merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Harganya pun relatif mudah dijangkau oleh berbagai kalangan. Bakso pada umumnya menggunakan bahan dasar daging dalam pembuatannya sehingga untuk beberapa kalangan, khususnya kalangan yang tidak mengkonsumsi daging, tidak dapat menikmati bakso tersebut.
Melihat sifat bakso yang sudah umum di segala kalangan masyarakat maka usaha bakso vegetarian dapat dimanfaatkan untuk menjadi sarana dalam mengenalkan pola hidup sehat secara vegetarian dengan cara mengganti bahan dasar daging dalam pembuatan bakso dengan wortel dan bayam.
Bakso vegetarian dapat menjadi alternatif makanan sehat. Bakso merupakan makanan jajanan yang cukup populer di kalangan masyarakat, dan pada umumnya merupakan produk pangan berbasis daging yang sangat rentan terhadap kerusakan. Berdasarkan kedua hal tersebut maka dibuatlah sebuah alternative pangan sehat berupa bakso vegetarian dengan berbahan dasar sayuran. Dari zat warna merah yang terdapat dari wortel mengandung zat karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata.  Wortel merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena banyak mengandung beta-karoten. Wortel yang semakin oranye warnanya, maka akan semakin tinggi pula kandungan beta-karotenya. Dalam setiap 100 gr wortel akan diperoleh sekitar 12.000 SI vitamin A.Saat ini sayuran seperti wortel dan bayam banyak dikenal hanya sebagai bahan makanan yang di goreng, disayur, dan dikukus. Sehingga pemanfaaatannya dirasa masih kurang. Maka dari itu kami keluar dengan ide mengolah bahan dasar sayuran wortel dan bayam tersebut Bakso vegetarian ini memiliki khasiat yang berlimpah dengan harga yang lebih murah namun mempunyai manfaat yang tinggi.
Kondisi diatas kami anggap sebagai peluang untuk menggembangkan sebuah inovasi wirausaha baru di bidang makanan. Dengan biaya produksi yang murah tapi omset yang dihasilkan cukup menggiurkan. Usaha ini berorientasi produk dan pasar artinya konsumen membeli manfaat, bukan sekedar rasa yang enak dan unik sehingga produk ini dapat diterima oleh masyarakat. Dalam memasarkan produk bakso vegetarian berbahan dasar wortel, bayam dan jamur tiram menggunakan beberapa strategi untuk kelayakan usaha, yaitu strategi produk, harga, promosi, dan distribusi.
a)      Strategi produk
Strategi produk dilakukan dengan melakukan inovasi kreasi dengan membuat bakso vegetarian yang berbahan sayuran wortel dan bayam dengan nilai gizi yang tinggi. Karena biasanya bakso terbuat dari bahan dasar daging, sehingga dalam inovasi ini akan menarik minat konsumen untuk membeli.
b)      Strategi harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga produk yang ditetapkan adalah sesuai dengan harga pasar dengan tetap menjaga kualitas produksi, dengan kata lain harga produk dan kualitas diusahakan bisa bersaing dengan pesaing lainnya
c)      Strategi promosi
Strategi penjualan yang akan kami lakukan adalah dengan cara menyebarkan brosur/pamflet, stiker dan mouth to mouth..
Proses pembuatan bakso vegetarian sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan bakso pada umumnya. Cara membuat bakso vegetarian yaitu :
1)      Wortel dikupas dan dibersihkan, begitu juga dengan bayam dibuang akar ambil daunnya saja, kemudian dicuci dengan air bersih, hal ini bertujuan agar sayuran yang akan diproses lebih lanjut dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran.
2)      Parut wortel dan giling daun bayam yang sudah dicuci bersih tadi dengan dua wadah tempat adonan yang terpisah, kemudian masukkan garam, lada, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan penyedap rasa ke dalam adonan bayam yang sudah digiling dan juga wortel yang sudah diparut.
3)      Masukkan sagu secukupnya dan tepung terigu kemudian beri sedkit air. Bila adonan sudah licin atau menyatu, buat bulat-bulat dari tangan seperti membuat saat membuat bakso pada umumnya.
4)      Setelah terbuat bulat-bulat, bakso ditim/direbus selama 15 menit sampai berubah warna dan mengapung.
Dalam proses pembuatan kuah bakso vegetarian bahan yang diperlukan adalah air, daun jamur tiram, garam, lada, kaldu, gula, bawang putih, dan pala. Proses selanjutnya didihkan air sampai mendidih. Bawang putih diiris kecil – kecil. Masukkan irisan bawang putih, garam, kaldu, gula , pala, Tunggu sampai mendidih, kemudian taburi daun bawang dan daun seledri dan bawang goring.

BAB III
PENUTUP
 Simpulan
            Bakso vegetarian sebagai alternatif makanan sehat yang terbuat dari sayur-sayuran wortel, bayam mengandung komponen zat gizi yang sangat berguna bagi kesehatan serta membantu masyarakat untuk berpola hidup vegetarian. Dengan harga yang terjangkau masyarakat dapat hidup sehat dengan mengonsumsi bakso vegetarian.

Saran
            Diharapkan masyarakat dapat melaksanakan pola hidup sehat dengan cara berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat & bergizi terutama yang berasal dari sayur-sayuran karena sayur-sayuran sangat bermanfaat bagi tubuh kita

DAFTAR PUSTAKA
Anonim (2009). Bakso. From http://id.wikipedia.org, 3 Desember 2014
Anonim (2012). Kreasi Bergizi dengan Bakso Sayuran. From http://www.royco.co.id, 4 Desember 2014
Anonim (2013). Makalah Kewirausahaan. From http://si-calonsarjana.blogspot.com, 5 Desember 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar