Minggu, 04 Januari 2015

Tulisan Pengantar Bisnis 5 "Bisnis Permen Agar-Agar"


Agar-Agar Kering (Permen Agar-Agar)
BAB I
PENDAHULUAN
Rumput laut merupakan bahan makanan yang sangat  berkhasiat. Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang mulai membudidayakannya dan memanfaatkannya menjadi bahan pangan. Secara umum, rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae). Kandungan serat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan. Zat yag terkandung dalam rumput laut sangat baik untuk pencernaan dan penambah nutrisi dalam tubuh. Dalam rumput laut terkandung vitamin, mineral colloidal, iodin, asam lemak esensial, asam amino, dan berbagai enzim. Rumput laut di Indonesia banyak dijumpai di Pantai Selatan P. Jawa dan Bali yaitu rumput laut jenis Gracilaria (agar merah)
 Beragam hasil olah rumput laut dapat dijumpai di pasaran, yaitu :
  • Agar-agar: Produk agar-agar diperoleh dari ekstraksi satu jenis rumput laut saja dan campuran berbagai macam rumput laut.
  • Nori: Nori dibuat dari rumput laut yang dihaluskan. bubur rumput laut ini kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis.
  • Kombu dan Wakame Sejenis ganggang laut yang dikeringkan. Kombu adalah bahan dasar membuat kaldu pada masakan Jepang.
  • Manisan Rumput Laut Diperoleh dari rumput laut segar, kemudian dicuci, direbus dan diolah dengan larutan gula sebagai pengawetnya.
Pada makalah ini akan dibahas salah satu  makanan hasil dari olahan rumput laut yang dapat dijadikan sumber usaha baru,yaitu  agar-agar kering/permen agar-agar.

BAB II
ISI
Agar-agar adalah salah satu produk bahan makanan yang terbuat dari rumput laut. Selama ini, agar-agar dikonsumsi hanya dalam bentuk agar-agar yang dicampur nata atau roti sebagai kue. Tetapi, melalui inovasi baru, agar-agar bisa digunakan sebagai permen yang aman bagi kesehatan. Perbedaan agar-agar biasa dengan permen agar-agar hanyalah pada bentuk penyajiannya. Permen agar-agar berbentuk kering seperti permen. Ukuran, bentuk dan warnanya juga dibuat seperti permen. Permen agar-agar bisa menjadi camilan yang menyenangkan & menyehatkan. Agar-agar kering rasanya manis, beraneka warna dan bentuk. Seringkali, makanan ini disajikan pada hari raya Ied. Permen agar-agar ini mudah untuk diperoleh, harganya terjangkau oleh masyarakat dengan kandungan gizi dan rasa yang tidak kalah dari produk yang lain. Pembuatan  agar-agar ini akan membuka peluang bisnis atau usaha sampingan, memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan produk  lain.
Berikut ini merupakan manfaat rumput laut :
1)      Anti-kaker
Harvard School of Public Health di Amerika mengungkapkan, wanita pre-menopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut didalam menu mereka.
2)      Antioksidan
Klorofil pada ganggang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.
3)      Mencegah penyakit kardiovaskular
Para ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.
4)      Makanan diet
Kandungan serat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.
5)      Rumput laut dan kecantikan
Rumput laut tidak hanya bisa diolah menjadi bahan makanan saja akan tetapi bisa diolah juga menjadi salah satu produk kecantikan. Sabun natural adalah satu yang terbuat dari bahan-bahan alami dari alam dan mengandung VCO yang sudah sangat dikenal dan diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sabun natural adalah sabun yang dibuat menggunakan bahan alami yaitu campuran virgin coconut oil yang ditambahkan minyak asiri serta bahan alami lain yaitu sari bunga, buah ataupun cendana serta greentea serta rumput laut yang sangat bermanfaat dalam perawatan kesehatan kulit dan menjaga kelembaban kulit sehingga membuat kulit lembut, bersih dan sehat.
 Cara membuat permen agar-agar tidak sulit, bahan yang dibutuhkan banyak terdapat dipasar sehingga tidak sulit dicari. Berikut ini tata cara membuat permen agar-agar :
Bahan-bahan :
·         5 bungkus Agar-agar bubuk
·         1250 cc Air
·         2 kg Gula pasir
·         Pewarna makanan
Cara pembuatan :
1)      Rebus agar-agar kering dengan 8 gelas air sehingga mendidih.
2)      Masukkan gula pasir masak sambil di aduk-aduk sampai gulanya hancur dan adonan menjadi kental.
3)      Masukkan pewarna, ratakan, lalu tuang di loyang datar, tebalnya kira-kira 1 jari.
4)      Dinginkan, lalu potong persegi-persegi kecil. Lebih baik dipotong dengan pisau berombak, jemur sampai kering dan berkristal.
5)      Balik-balikan agar-agar supaya rata keringnya,proses ini mungkin mengambil waktu 8 sampai 10 hari.
6)      Setelah kering, simpan di tempat tertutup.
Permen agar-agar ini dapat menjadi alternative pilihan untuk membuka bisnis karena proses pembuatannya yang mudah serta bahan baku yang mudah ditemukan. Produk olahan rumput laut bersifat tahan lama karena diolah menjadi bentu agar-agar kering yang menggunakan proses penjemuran di bawah sinar matahari. Produk yang dihasilkan dapat bertahan kurang lebih 1 bulan agar lebih awet cara penyimpanannya harus di tempat yang tertutup. Produk permen agar-agar sangat cocok untuk makanan cemilan disamping itu makanan ini tidak menggunakan bahan pengawet dan aman dikonsumsi, untuk menarik minat produk makanan permen agar-agar dikemas dan disajikan menarik, praktis, dan siap dimakan. Dengan rasa dan tampilannya yang menarik permen agar-agar ini dapat menarik minat para konsumen dan juga kaya akan serat serta sebagai makanan penunda lapar. Permen agar-agar ini dapat  dipasarkan di pusat perbelanjaan maupun warung-warung biasa. Dengan modal yang kecil anda bisa menambah penghasilan yang cukup besar.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Agar-agar merupakan makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat. Tapi sayangnya, tidak awet dalam waktu yang lama. Hal ini memberi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Untuk itu dibuatlah agar-agar kering yang dapat disimpan dalam waktu yang lama diharapkan jajanan ini dapat diterima dan mampu bersaing di pasaran.
Saran
Dalam berbisnis pembuatan agar-agar kering ini anda harus memiliki konsep yang menarik & inovatif agar para konsumen mau membeli produk dan tidak merasa bosan, lokasi tempat usaha harus strategis sehingga banyak konsumen yang berdatangan.Bottom of Form

DAFTAR PUSTAKA
Anonim (2014). Resep Permen Agar-agar Lezat. From http://zonamakan.blogspot.com, 1 Desember 2014
Anonim (2012). Macam-macam Kegunaan Rumput Laut dan Hasil Olahannya. From http://reps-id.com, 2 Desember 2014
Anonim (2012). Bisnis Plan Agar-agar Kering. From https://andyfebruary29.wordpress.com, 2 Desember 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar