Minggu, 04 Januari 2015

Tulisan Pengantar Bisnis 3 "Peluang Bisnis Kos-kosan di Sekitar Kampus"


Peluang Bisnis Kos Kosan disekitar Kampus
BAB 1
PENDAHULUAN
Manusia memiliki tiga kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan kehidupan yaitu sandang, pangan, papan. Tanpa terpenuhinya kebutuhan pokok tersebut manusia belum dikatakan hidup layak. Salah satu kebutuhan yang penting adalah papan atau lebih sering dikatakan sebagai rumah (tempat tinggal). Dengan adanya rumah manusia dapat terhindar dari ancaman baik cuaca buruk maupun binatang buas. Namun di zaman sekarang untuk membangun suatu rumah dibutuhkan dana yang lumayan besar mengingat harga tanah sudah melambung tinggi. Hal inilah yang dapat membuka peluang usaha terutama bagi kita yang memiliki modal untuk membangun kos kosan karena tidak semua orang mampu untuk membangun rumah apabila membeli tanah dengan harga yang cukup tinggi. Dengan menyediakan sebuah bangunan saja anda bisa mendapatkan uang rutin per bulannya atau per tahunnya. Kebijakan pembayaran uang sewa ini bisa luwes sesuai dengan keinginan anda. Bisa per bulan atau per semester.

BAB II
ISI
Peluang bisnis kos-kosan sangat menarik tentunya untuk beberapa orang yang mempunyai modal besar. Dengan menyediakan sebuah tempat tinggal untuk para pekerja atau mahasiswa dari luar daerah, bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Usaha ini tidak menyita banyak waktu, sehingga sesibuk anda masih bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Peluang bisnis ini akan semakin terlihat menggiurkan apabila anda menjalankan bisnis ini di sekitar universitas yang mempunyai jumlah mahasiswa yang banyak. Tentu mahasiswa-mahasiswa ini ada yang berasal dari luar daerah dan membutuhkan sebuah tempat nyaman untuk tinggal.
Beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk peluang bisnis kos-kosan ini, yaitu:
1)      Modal
Modal adalah hal utama yang harus anda punya untuk membangun sebuah bisnis. Dengan modal yang besar, anda bisa membuat sebuah bangunan yang lebih megah dan senyaman mungkin untuk para calon penghuni kos anda. Modal ini pertama kali akan anda pergunakan untuk memebeli sebuah tanah dan baru mendirikan bangunan.
Untuk anda yang sudah mempunyai rumah atau tanah disekitar kampus, akan lebih mudah dan lebih membutuhkan modal yang lebih sedikit. Anda tinggal merenovasi rumah anda atau kalau perlu membangun bangunan tersendiri untuk kos-kosan.
2)      Lokasi
Lokasi yang strategis adalah salah satu hal yang vital dalam bisnis ini. Untuk kos-kosan yang paling dicari dan diminati oleh para penyewa kos adalah tempat yang dekat dengan toko, fotocopyan ataupun warung makan. Semakin strategis tempat kos anda, bisa semakin mahal pula harga sewa kosnya. Terutama di dekat kampus dan lembaga pendidikan formal.
3)      Perizinan
Perizinan sangat penting untuk memperkuat legalitas suatu bangunan.
4)      Fasilitas
Fasilitas menjadi salah satu faktor kenyamanan penghuni kos. Yang standar untuk fasilitas kos-kosan biasanya adalah tempat tidur plus kasur dan juga almari. Jika target pasar Anda adalah para mahasiswa, akan lebih baik jika Anda juga menyediakan meja belajar Hal pertama dari vitalnya sebuah kos-kosan adalah masalah air. Keberadaan air yang rutin dan selalu ada akan menjadi faktor yang membuat seorang nyaman. Kemudian fasilitas listrik yang bagus dan kuat untuk penyediaan alat-alat elektro para penghuni kos. Selain dua hal itu, kebersihan suatu kos-kosan akan menjadi hal yang diperhitungkan. Entah anda sendiri sebagai pemilik kos yang akan merawat kebersihan kos-kosan atau bisa juga menyewa seseorang untuk menjadi pekerja pembersih kos-kosan. Selain itu, kos kosan juga harus berada dalam lingkungan yang aman agar para penghuni merasa aman dan tenang.
5)      Layanan tambahan
Layanan tambahan untuk kos kosan mahasiswa dapat berupa layanan internet (hotspot), fotocopy & jasa print karena semua layanan tersebut sangat mendukung untuk mencari tugas-tugas perkuliahan.
6)      Akses
Apakah lokasi kos-kosan mudah dijangkau atau adakah kendaraan umum yang lewat di depan kos-kosan. Apakah mobil atau motor bisa masuk ke lokasi kos-kosan. Hal ini adalah faktor yang cukup menunjang dalam menjalankan bisnis sampingan kos-kosan.
Bisnis kos-kosan ini merupakan sebuah investasi yang bagus untuk modal yang anda miliki. Setiap jangka tertentu anda akan mendapatkan uang hasil sewa dari kos-kosan anda. Karena bertambahnya jumlah mahasiswa yang masuk ke sebuah universitas, tentu peluang bisnis kos-kosan ini tidak akan pernah bangkrut.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kos kosan merupakan peluang bisnis yang sangat bagus, terutama jika terletak ditempat yang strategis seperti kampus, lembaga pendidikan formal. Bisnis kos kosan tidak menghabiskan banyak waktu, penghasilan yang didapatkan cukup konstan karena banyak orang yang membutuhkan tempat tinggal.
Saran
Diharapkan masyarakat yang memiliki modal yang besar untuk membuka kos kosan mengingat bisnis kos kosan ini sangat baik untuk jangka panjang dengan penghasilan yang cukup menggiurkan.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim (2014). Kunci Sukses Memulai Bisnis Sampingan Kos-Kosan. From http://bisnisukm.com, 29 November 2014

Anonim (2014). Kos-kosan Peluang Bisnis yang Menjanjikan. From https://www.futuready.com/ArticleDetail/Index, 29 November 2014

Anonim (2014). Bagaimana Cara Memulai Usaha Kos-kosan untuk Mahasiswa. From http://menjadiwirausaha.com, 27 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar