Minggu, 04 Januari 2015

Tulisan Pengantar Bisnis 1 "Bisnis Sampingan Berjualan Kentang Ulir"


BISNIS SAMPINGAN BERJUALAN KENTANG ULIR
BAB I
PENDAHULUAN
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merintis sebuah usaha. Bahkan bisa dikatakan, peluang usaha bisa dijalankan dengan memanfaatkan waktu luang yang ada serta modal tabungan yang dimiliki. salah satunya dengan menjalankan peluang bisnis sampingan yang mendapatkan banyak keuntungan bagi para pelakunya.
            Memiliki aktifitas harian, tidak menutup peluang untuk bisa sukses merintis sebuah usaha. Bermodalkan waktu luang di luar jam kerja serta mengorbankan sedikit uang tabungan, setiap orang bisa sukses merintis bisnis sampingan untuk mendapatkan tambahan penghasilan yang cukup besar setiap bulannya. Contohnya dengan berjualan kentang ulir di sela-sela kesibukan kerja.
            Makanan kecil atau cemilan berbahan kentang dapat menjadi pilihan favorit banyak orang terutama kaum perempunan yang takut gendut karena kandungan lemaknya yang rendah sehingga dapat membantu diet. Meskipun kentang diolah dengan berbagai macam cara, kentang tetap memiliki cita rasa yang gurih dan unik, sehingga wajar saja bila pasarnya masih sangat luas karena banyak masyarakat yang suka dan ingin selalu menikmati camilan lezat ini. Pada tulisan ini akan dibahas menganai bisnis sampingan berjualan kentang ulir.

BAB II
ISI
Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang banyak dipilih masyarakat sebagai pengganti nasi. Beberapa manfaat dari kentan antara lain :
1)      Mencerahkan kulit
Sebuah aplikasi langsung dari kentang langsung pada wajah seseorang memberikan efek kecerahan signifikan untuk kulit dan membersihkan noda. Irisan kentang matang diletakkan pada wajah atau mata, dapat mengurangi bengkak dan keriput. Sebuah kapas yang dibentuk seperti bola direndam dalam sari kentang agar dapat membantu menyingkirkan jerawat.
2)      Meningkatkan kondisi mental
Kentang kaya akan vitamin C, vitamin A, mineral dan banyak nutrisi lainnya menjadi efek positif yang dapat mempengaruhi emosi serta meningkatkan kondisi mental. Mengonsumsi kentang juga membantu memecahkan ketidakseimbangan pH dalam tubuh karena makan makanan asam yang berlebihan seperti daging.
3)      Menurunkan berat badan
Kentang hanya mengandung 0,1% lemak. Ini memberi efek baik pada tubuh karena dapat mengurangi kadar lemak yang dikonsumsi setiap harinya. Kentang juga dapat menjadi makanan pokok yang menyehatkan.
4)      Makanan awet muda
Kentang kaya akan B1,B2, B6 dan asam pantotenat, selulosa, dan asam amino yang dapat membantu memperlambat proses penuaan.
5)      Kentang membuat tubuh lebih kuat
Kandungan kalium dalam kentang memiliki efek diuretic dan antispasmodic, dan dapat membantu melawan ecchymosis, neuralgia, arthritis, jantung koronel dan sakit mata. Kentang juga mengandung vitamin, protein dan kelompok-B yang dapat membantu meningkatkan memori dan kejernihan pikiran.
Jika sudah mengetahui manfaat kentang, potensi untuk peluang bisnis kentang semakin terbuka lebar, mulai dari kentang goring hingga kentang ulir yang menjadi incaran konsumen. Jika dulunya kentang goring (French fries) yang dipotong memanjang menjadi salah satu menu olahan kentang yang cukup diminati para konsumen. Kini anda bisa menginovasikannya dengan cara penggorengan yang lebih unik, nyentrik, dan tentunya menghasilkan tampilan yang lebih menarik. Bentuknya menyerupai spiral, sehingga banyak masyarakat yang menyebut camilan tersebut dengan istilah kentang ulir atau kentang spiral.
            Untuk merintig usaha ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan baik, yaitu :
a)      Mengatur waktu operasional bisnis, mengingat anda masih memiliki rutinitas lain yang harus dilaksanakan. Misalnya pukul 17.00-22.00 sebagai waktu operasional bisnis kentang ulir.
b)      Memilih lokasi usaha yang strategis. Misalnya didepan pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi konsumen atau di taman bermain karena cukup potensial terutama pada hari libur.
c)      Menciptakan kreasi unik untuk menarik minat konsumen. Meskipun bentuknya sudah cukup unik, namun anda juga perlu menambahkan kreasi baru untuk menyesuaikan cita rasa yang disukai para konsumen. Misalnya dengan menambahkan berbagai macam bumbu rasa pada kentang ulir, seperti bumbu barbeque, keju, balado, Italian pizza, ayam pangang, jagung bakar, dan lain sebagainya.
d)     Membuat kemasan produk yang unik, higienis dan aman bagi kesehatan konsumen. Hal ini karena kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus saja tapi juga menjadi salah satu alat promosi yang cukup efektif untuk menarik minat pelanggan.
e)      Legkapi bisnis dengan tampilan both (gerobak) yang menarik. Selain kemasan yang unik, both yang menarik juga menarik pelanggan. Pilihlah warna yang cerah, cantumkan juga gambar kentang ulir, serta berikan nama unik yang meningkatkan daya Tarik konsumen.
Untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis kentang ulir yang dijalankan ini. Anda bisa memulainya dengan cara menginformasikan keberadaan bisnis tersebut ke orang-orang di sekitar anda, rekan kerja, teman kuliah atau sekolah, tetangga sekitar, serta masyarakat umum lainnya. Selain itu promosi dapat dilakukan denganboth cantik, neon box, spanduk, x-banner serta membagikan brosur dan kartu nama kepada masyarakat luas. Semakin aktif menginformasikan keberadaan bisnis kentang ulir tersebut, maka semakin besar peluang pasar yang dapat diciptakan untuk mendatangkan banyak konsumen.
Disamping aktif berpromosi secara offline, anda juga bisa berpromosi melalui media online. Dalam hal ini biasanya para pelaku bisnis bisa memanfaatkan jejaring social maupun forum-forum bisnis yang ada di internet untuk memperluas jaringan bisnis yang dimiliki. Strategi pemasaran ini terbukti cukup efektif guna menjaring banyak konsumen dan melakukan branding produk agar keberadaan bisnis tersebut semakin dikenal banyak orang.
Kualitas produk yang bagus, cita rasa yang enak, serta kisaran harga yang terjangkau untuk semua kalangan merupakan kunci utama yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesuksesan bisnis kentang ulir ini.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas mengenai bisnis sampingan berjualan kentang ulir. Maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
·         Berjualan makanan ringan atau cemilan dapat menjadi pilihan apabila ingin menjalankan bisnis sampingan seperti berjualan kentang ulir karena pasarnya masih luas.
·         Kentang mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh yaitu vitamin A, vitamin B1,B2,B6, vitamin C, asam pantotenat, selulosa, asam amino dan kadar lemak yang rendah sebanyak 0,1%.
·         Kentang memiliki banyak manfaat yaitu mencerahkan kulit, memperkuat kondisi mental, meningkatkan memori & kejernihan pikiran, menurunkan barat badan, memperlambat proses penuaan, membantu melawan berbagai penyakit seperti ecchymosis, neuralgia, arthritis, jantung koronel dan sakit mata.
·         Inovasi, kretivitas, dan efisiensi perlu diperhatikan dalam berbisnis termasuk juga kualitas, cita rasa, harga, dan kepuasan konsumen.
·         Proses pemasaran dapat dilakukan dengan cara promosi melalui mulut ke mulut, spanduk, brosur, kartu nama dan memanfaatkan media online yaitu media social seperti facebook, twitter, Instagram, BBM, dan lain-lain.

Saran
            Dalam membuka sebuah bisnis anda harus punya inovasi agar dapat menarik konsumen. Hal utama yang harus diperhatikan dalam menjalankan suatu usaha yaitu kualitas produk, cita rasa, dan harga yang terjangkau tetapi tetap menghasilkan laba yang menguntungkan tetapi tetap menjaga kepercayaan konsumen dengan produk yang berkualitas dan sehat untuk konsumen tanpa menggunakan bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan konsumen.

DAFTAR PUSTAKA
Kban, jabat. 2013. “Untung Kencang Dari Bisnis Kentang”. Bisnis UKM XI.

Wimarna. (2013). Mengeruk untung dari kentang ulir kriuk.From www.idebisnis.biz, 15 Desember 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar