Minggu, 04 Januari 2015

Tulisan Pengantar Bisnis 4 "Investasi Emas"


INVESTASI EMAS
BAB I
PENDAHULUAN
Emas adalah logam mulia yang sangat diminati di kalangan  masyarakat baik sebagai perhiasan maupun sebagai penimbun kekayaan. Selain karena warnanya yang menarik, emas juga merupakan logam mulia yang terbatas yang memiliki harga yang sangat menggiurkan dan tahan usia. Walaupun harga emas dapat naik atau pun turun dalam hitungan jam, namun pada hakikatnya emas merupakan sarana investasi yang sangat efektif untuk jangka panjang.
Investasi emas di Indonesia saat ini memang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, karena selain lebih aman juga memiliki resiko yang tidak terlalu banyak. Disini saya akan membahas bagaimana cara investor menanamkan modalnya di emas baik dalam segi investasi On-Line ataupun secara riil. Karena banyak para investor yang beranggapan bahwa dengan menanamkan dananya atau berinvestasi di emas sedikit banyak dipengaruhi oleh pangsa pasar baik mata uang ataupun saham.

BAB II
PEMBAHASAN
            Emas merupakan wahana investasi yang cukup spekulatif dimana harganya dapat berfluktuasi. Ketika akan berinvestasi tentu semua orang ingin memilih solusi investasi terbaik di mana mereka dengan harapan bisa mendapatkan pengembalian yang tinggi. Harga emas yang terus meningkat dari tahun ke tahun menjadikan investasi emas sebagai pilihan utama dari semua investor di seluruh dunia hingga saat ini termasuk di Indonesia sendiri.
Semua metode tradisional investasi seperti obligasi, asuransi, saham, saham, real estate telah mulai kehilangan peminatnya karena dunia pasar ketidakpastian volatilitas dalam ekonomi negara dan suku bunga rendah. Namun emas masih memiliki nilai lebih baik dan semua jutawan sekarang bergerak ke arah investasi di emas. Sedikit, reasonable yang membenarkan emas dianggap sebagai pilihan investasi terbaik.

Alasan mengapa Investasi Emas adalah yang terbaik sesuai kondisi Ekonomi Indonesia :
1)      Emas Sebagai Logam Mulia
Emas Sebagai Logam Mulia adalah salah satu alasan kuat mengapa berinvestasi di emas adalah pilihan terbaik karena Emas adalah termasuk logam mulia. Meskipun dari pasang surut dalam perekonomian nilai emas masih tetap sama bahkan lebih baik.
2)      Lebih Baik daripada Investasi Lainnya
Saat ini orang sudah mulai berhenti berinvestasi di real estate, saham, saham, dll, karena risiko yang mengancam bisnis tersebut. Selama krisis  ekonomi pilihan investasi seperti ini gagal untuk memberikan hasil yang diinginkan. Tapi di sisi lain, emas adalah salah satu aset paling stabil walau ekonomi ambruk atau terdepresiasi nilai emas masih terus meningkat, Karena saat ini investasi emas adalah solusi investasi terbaik di dunia sekarang termasuk yang paling sesuai dengan kondisi perekonomian di negara kita.
3)      Emas Komoditas yang Langka
Biasanya permintaan emas lebih dari pasokan ini selalu mengarah ke kenaikan dalam tingkat emas dan investor berinvestasi dalam hal ini dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi.
4)      Bank Sentral Berinvestasi Emas
Tidak hanya investor atas dan miliarder hari ini hampir semua bank sentral juga berinvestasi di emas. Bank-bank yang melindungi dari tingkat penurunan dollar dengan berinvestasi di emas. Kebijakan Bank telah meningkatkan kepercayaan investor. Sebab, manfaat jangka panjang investasi emas terbaik tidak diragukan lagi, disebabkan memang emas adalah Investasi Emas Solusi Investasi Terbaik.
Sebagian besar orang di seluruh dunia apakah itu Amerika atau India yang memilih emas untuk investasi dan memperoleh keuntungan jangka panjang. Orang-orang di Asiapun berinvestasi dalam emas lebih dari hanya sekedar berinvestasi. Pasar di dunia telah melihat banyak membeli dan bahkan menjual emas dalam beberapa tahun ini. Lebih dari % 19 kenaikan rata-rata harga emas yang dapat menjanjikan investasi jangka panjang, yang jauh lebih daripada jenis investasi umumnya.
5)      Mengubah strategi Investasi
Mengubah strategi investasi anda dan beralih ke investasi emas merupakan investasi yang paling dapat diandalkan saat ini, aman dan menghasilkan keuntungan yang tinggi. Selain itu, emas bisa dipakai untuk memamerkan gaya hidup kelas tinggi dari sekedar perhiasan.
Jenis investasi emas adalah sebagai berikut:
a)      Emas Batangan (Gold Bullion )
Emas dalam bentuk logam mulia (ingot). Untuk membeli balok emas / emas batangan perlu disertai seritifikat yang dikeluarkan oleh PT (Persero) Aneka Tambang Unit Logam mulia.
b)      Emas Perhiasan (Gold Jewelery)
Merupaka cara yang popular untuk membeli emas. Tetapi sebenarnya bukan cara yang terbaik untuk investasi dalam emas, karena biasanya adanya biaya pengrajin, mark up penjualan dan factor lainnya.
c)      Emas Mendatang/trading secara online (Gold Futures/Gold trading On-line)
Suatu kontrak untuk membeli ata menjual suatu jumlah emas tertentu pada suatu harga tertentu dan pada tanggal tertentu.
d)     Sertifikat Emas (Gold Cerfiticates)
Menunjukan kepemilikan atas suatu kuantitas emas tertentu yang disimpan di brankas bank (ank vault). Kebaikan sertifikat emas: investor tidak perlu mengkhawatirkan keamanan dari penyimpanan sendiri emas secara fisik dan pembelian sertifikat emas bisa meringankan pajak penjualan dibandingkan pembelian balok atau keeping emas.
e)      Keping Emas (Gold Coins)
Kepingan  dengan nilai koleksi kecil atau tidak ada sama sekali (nonnumismatic), karena nilainya terutama ditentukan oleh kandungan emasnya. Kandungan emas dari kepingan ini diukur dalam troy ounce (1 troy ounce mengandung kira-kira 31 gram).
Berikut ini beberapa kelebihan dan keunggulan jika menggunakan emas sebagai alat investasidan penyimpanan kekayaan:
1)      Awet
Emas  merupakan logam mulia yang tidak mudah terkorosi. Dengan demikian kita tidak perlu khawatir akan kerusakan akibat berkarat sebagaimana besi. Berbeda dengan menyimpan kekayaan dalam bentuk uang kertas. Uang kertas beresiko rusak dimakan hewan atau serangga kecil.
2)      Tahan Inflasi
Bayangkan anda memiliki uang sejumlah Rp 2 juta di tahun 1980. Uang tersebut mungkin bisa digunakan untuk membeli sebidang tanah yang cukup luas. Namun, coba bandingkan dengan keadaan sekarang. Dengan uang yang sama, yakni Rp 2juta rupiah, kita mungkin hanya mendapatkan tanah seluas beberapa meter saja. Mengapa ini bisa terjadi? Penyebabnya adalah karena adanya inflasi. Inflasi secara perlahan menggerogoti uang yang kita miliki sehingga setelah beberapa tahun, uang yang kita pegang tidak bisa digunakan untuk membeli materi yang senilai dengan dahuluEmas memiliki sifat yang berbeda dengan uang kertas. Emas dikenal memiliki sifat zero inflation effect, alias tidak terpengaruh akan adanya inflasi. Di jaman Nabi, satu dinar emas bisa digunakan untuk membeli seekor kambing. Dan sekarang, 14abad kemudian 1 dinar yang setara dengan 4,25 gram emas masih bisa digunakan untuk membeli seekor kambing pula. Sebuah fakta yang nampaknya sederahana, namun memiliki pelajaran yang sangat berharga.
3)      Dapat dijadikan Agunan
Selain dapat digunakan sebagai alat tukar, emas juga bisa digunakan sebagai sebuah agunan untuk mengajukan kredit atau hutang di bank. Ini tentu sangat berguna bagi orang yang ingin menambah modalusaha atau keperluan lainnya.
4)      Nilainya jarang turun
Meskipun harga emas mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu, namun secara umum harga emas selalu mengalami kenaikan. Dalam keadaan harga minyak mengalami penurunan, harga emas pun mengalami penurunan. Namun ketika harga minyak mengalami penurunan tajam, harga emas “hanya turun” saja. Tidak turun saja. Demikian kesimpulan beberapa pengamat emas. Selain itu, dalam jangka panjang, nilai emas mempunyai tren harga yang selalu naik. Dalam jangka waktu 1 bulan, harga emas mungkin mengalami trend penurunan. Tapi jika di tarik jangka waktu yang lebih panjang, katakanlah 10 tahun harga emas selalu mengalami kenaikan.
5)      Perlindungan nilai yang universal
Selain tak lekang oleh waktu, kelebihan-kelebihan emas lainnya adalah nilainya diakui di semua tempat dan semua Negara bahkan ketika terjadi gejolak politik dan keamanan. Misalnya ketika terjadi peperangan dan kekacaun sosial, emas tetap mampu melindungi nilai kekayaan pemiliknya. Lain halnya dengan uang kertas yang nilainya bisa jatuh dalam kondisi keamanan negara yang kritis. Sejarah membuktikan bahwa uang kertas bisa menjadi tumpukan kertas tak bernilai di beberapa negara yang mengalami kekacauan seperti di Rwanda atau Jerman ketika mengalami kekalahan perang.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Segala bentuk investasi apapun itu baik investasi emas atau investasi lain memiliki resiko serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua itu tergantung pada para investor itu sendiri apakah mereka cukup bijak dalam mengelola dananya atau tidak. Pada saat ini investasi emas yang sedang ada di Indonesia memiliki peluang sangat baik karena harga yang ditawarkanpun cukup fluktuatif stabil sehingga sangat cocok jika ini digunakan sebagai investasi untuk jangka panjang.

Saran
            Marilah berinvestasi dalam emas untuk masa depan lebih terjamin sehingga membuat semua impian menjadi kenyataan, karena investasi emas solusi investasi terbaik.

DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2006. Investasi Emas. www.wikipedia.org.
Anonim. 2011. Investasi Emas dan Saham. www.foruminvestor.blogspot.com.
Anonim. 2011. Investasi Emas. www.squidoo.com/investasiemas.
Anonim. 2011. Investasi yang Menguntungkan di Indonesia. www.google.com.
Anonim. 2012. Jenis Investasi Emas. www.info.goldavenue.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar